Visi Misi

VISI DAN MISI KEPALA DESA

A.1.     Visi Desa Gotakan

Berdasarkan kondisi masyarakat Desa Gotakan pada saat ini, permasalahan dan tantangan yang dihadapi di masa depan, serta dengan memperhitungkan faktor strategis dan potensi yang dimiliki oleh masyarakat, pemangku kepentingan, serta Pemerintah Desa Gotakan maka Visi Desa Gotakan adalah :

 

 

 

" BERSAMA MASYARAKAT DAN KELEMBAGAAN  DESA MENYELENGGARAKAN PEMERINTAHAN DAN MELAKSANAKAN PEMBANGUNAN YANG PARTISIPATIF"

 

DAN

 

" MELAYANI MASYARAKAT DESA GOTAKAN SECARA MENYELURUH DEMI TERWUJUDNYA MASYARAKAT DESA GOTAKAN MAJU, MANDIRI, SEHAT, SEJAHTERA LAHIR DAN BATIN"

  

Adapun penjabaran Visi tersbut adalah sebagai berikut :

MAJU

:

Masyarakat yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, agar setara dan tidak tertinggal dengan desa yang lainnya.

 

 

 

MANDIRI

:

Masyarakat yang mampu mewujudkan kehidupan yang mengandalkan pada kekuatan kemampuan sendiri.

 

 

 

SEHAT

:

Masyarakat yang mampu mewujudkan kondisi sehat lahir dan batin.

 

 

 

SEJAHTERA

:

Masyarakat yang tercukupi kebutuhan pokok ( sandang, pangan dan papan ) dan pendidikan keluarga serta merasa aman, nyaman dan terlindungi dalam melakukan aktivitas dalam keluarga maupun masyarakat.

 

Dengan Visi Desa Gotakan   ini diharapkan akan mewujudkan kesejahteraan masyarakat baik materiil maupun spiritual menuju Desa Gotakan yang mandiri dan aman.

Yang dimaksud dengan Maju, Mandiri, Sejahtera Lahir dan Batin adalah  cita cita desa Gotakan yang maju di segala bidang baik bidang pembangunan, ekonomi, sosial budaya, pertanian  maupun maju di bidang rohani .

 "Mandiri" adalah diharapkan nantinya desa Gotakan serta warga desa Gotakan bisa mandiri di segala bidang sesuai dengan kemajuan jaman, sehingga   tercipta masyarakat yang kreatif dan inovatif .

Sedangkan sejahtera lahir dan batin   adalah berkecukupan di dalam memenuhi kebutuhan sandang, pangan, papan dan pendidikan keluarga serta merasa aman, terlindungi dan nyaman di dalam  melakukan aktivitas dalam keluarga maupun masyarakat. 

A.2      Misi Desa Gotakan.

Berdasarkan Visi RPJMD Desa Gotakan tersebut di atas maka dengan didukung oleh peningkatan etos kerja Perangkat, Tokoh Masyarakat serta segenap Masyarakat Desa Gotakan dalam mewujudkan Visi tersebut,  maka Misi Pembangunan Jangka Menengah Desa Gotakan adalah sebagai berikut :

1.      Meningkatkan kinerja perangkat desa secara maksimal sesuai tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) perangkat desa demi tercapainya yang terbaik bagi masyarakat.

2.      Meningkatkan koordinasi antar mitra kerja.

3.      Meningkatkan Sumber Daya Manusia dan memanfaatkan Sumber Daya Alam untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

4.      Meningkatkan kapasitas dan fungsi kelembagaan yang ada di desa Gotakan.

5.      Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

6.      Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Gotakan dengan melibatkan secara langsung masyarakat desa Gotakan dalam berbagai bentuk kegiatan.

7.      Meningkatkan dan melaksanakan kegiatan pembangunan yang jujur, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

8.      Meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa.

9.      Menciptakan dan meningkatkan kondisi masyarakat desa yang tertib, aman, tenteram, guyub dan rukun dalam kehidupan bermasyarakat.

10.  Melestarikan budaya dan kebudayaan dan lingkungan hidup.

11.  Meningkatkan kapasitas dan keberpihakan kelembagaan pemerintah kepada masyarakat untuk mencapai tata kelola pemerintahan yang baik.

12.  Meningkatkan profesionalisme aparatur yang berjiwa kepemimpinan.

13.  Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan desa.

14.  Mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat.

15.  Mengembangkan perekonomian rakyat terutama wirausaha berbasis kerakyatan.

16.  Memfasilitasi pengembangan dunia usaha dan investasi desa.

17.  Menciptakan ketenteraman, ketertiban, keimanan dan ketakwaan.

Membangun sarana infrastruktur perdesaan.