Peluncuran E-warong di Kulon Progo

Selasa, 4 Oktober 2016 11:40:32 - Oleh : kulonprogokab.go.id

Netralitas PNS Dalam Pemilukada Tahun 2017 Kab. Kulon Progo

Saatnya Menggalakkan Kampanye PUP

Peluncuran E-warong di Kulon Progo

PANJATAN. E-Warong KUBE mulai dibuka di Kulon Progo, tepatnya di Pedukuhan Krembangan Panjatan dan diresmikan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Jumat (26/8). Dengan dibukanya e-warong ini sekaligus sebagai tanda awal masuknya program e-Warong KUBE di DIY.

Program yang digagas Kemensos RI ini selain sebagai tempat untuk menyalurkan dana bantuan sosial atau subsidi dari pemerintah, juga sebagai agen laku pandai BNI. Bahkan e-Warong KUBE (Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Elektronik) juga beroperasi sesuai dengan konsep Rumah Pangan Kita yang dikembangkan oleh Bulog.

Dengan demikian pada satu e-warong KUBE tertanam juga fungsi sebagai penjual barang-barang kebutuhan pokok (Rumah Pangan Kita) plus fungsi sebagai Branchless Banking (sebagai Agen 46).

Dalam penyaluran bantuan social atau subsidi melalui e-warong KUBE ini memiliki keunggulan, antara lain rekening yang dikembangkan akan memiliki fungsi sebagai saving account dan sekaligus menjadi e-Wallet, dimana transaksinya menggunakan EDC yang telah disiapkan.

Pada uji coba e-warong KUBE di Krembangan ini, Mensos RI, Pj.Bupati Kulon Progo Ir.Budi Antono,MSi, Bupati Kulon Progo periode 2011-2015 dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), Forkompimda Kab.Kulon Progo, Jajaran BNI 46, Jajaran Bulog dan tamu undangan dari berbagai instansi terkait.

"Dengan e-Warong bantuan yang diberikan kepada warga penerima akan lebih tepat sasaran, tepat waktu, tepat kualitas, tepat jumlah" kata Khofifah Indar Parawansa.

Para penerima bantuan sosial akan mendapatkan satu buah kartu yang bisa digunakan untuk mencairkan bantuan tunai maupun untuk belanja barang di e-Warong KUBE. Dengan adanya 43.000 warga Kulon Progo penerima bantuan, Mensos RI menyampaikan idealnya didirikan 43 e-Warong KUBE.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak